fbpx

Mengurus Akte kelahiran yang hilang

Akte kelahiran adalah sebuah sertifikat yang berfungsi menjadi bukti bahwa anda di lahirkan di suatu negara khususnya di Indonesia. Sertifikat ini sangat penting dikarenakan sertifikat ini dibutuhkan untuk pembuatan Buku pelaut dan BST (Basic Safety Training). Sertifikat ini seharusnya dibuat pada saat beberapa hari setelah kelahiran. sertifikat ini di terbitkan oleh dinas kependudukan setempat.

sayangnya, banyak dari teman-teman calon pekerja luar negri khususnya bagi calon ABK kapal yang tidak mempunyai atau kehilangan sertifikat ini, baik karena teledor dalam menyimpannya, kebakara, kebanjiran, maupun di bawa orang tua yang sudah cerai. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan tips cara mengurus akta kelahiran yang hilan

  1. Membuat surat keterangan hilang di Polsek setempat
    hal pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke polsek setempat dan mengajukan pembuatan surat keterangan hilang atas akta yang dimiliki, syarata untuk membuat surat keterangan hilang ini adalah KTP dan uang tips untuk polisi 😀
  2. Pergi ke suku dinas catatan sipil setempat
    kedua adalah langsung ke dinas catatan sipil di daerah anda, disanalah semua akta berasal. anda tinggal tanya ke petugas untuk pelayanan pembuatan akta kelahiran yang hilang dan nanti akan diarahkan. disana anda akan diminta untuk:

    1. Mengambil nomor antrian
    2. Mengisi formulir nama anda, alamat, dan keperluannya apa tulis saja : Kutipan Akta Kelahiran.
    3. Begitu nomor antrian dipanggil anda akan diminta untuk menyerahkan fotokopi kutipan akta kelahiran yang lama, surat keterangan hilang dari polisi dan formulir yang sudah diisi.
    4. setelah itu anda akan dipersilahkan menunggu, setelah dipanggil anda akan diberikan KARTU PELAYANAN PENERBITAN DOKUMEN PENDUDUK disana akan tertulis kapan anda bisa mengambil dokumen tersebut jika sudah jadi.

      KARTU PELAYANAN PENERBITAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN
    5. Setelah itu datanglah tepat pada saat dokkumen itu sudah jadi sesuai yang tertera di kartu, serahkan kartu yang anda miliki dan akan di persilahkan mengantri.
    6. Begitu nama anda sudah dipanggil, anda akan diberikan Kutipan Akta Kelahiran yang baru dan belum di cap. Warna nya biru bukan kuning lagi, nanti anda akan diminta untuk fotokopi sebanyak 1 kali
    7. Setelah itu, bawa kembali ke loket 1 dan anda diminta untuk mengisi buku pengambilan (nama, no hp dan tanda tangan) petugas akan mengecap basah dokumen akta kelahiran anda.
    8. Sambil berada disana, tidak ada salahnya untuk membuat legalisiran akta kelahiran anda. Anda dapat memfotokopi kembali dokumen yang sudah di cap sebanyak yang anda inginkan kemudian ditambah 1 lembar untuk petugas.

Demikian tata cara mengurus dokumen akta kelahiran yang hilang, mudah kan. Jangan mudah putus asa untuk memulai sesuatu karena bisa jadi sesuatu yang besar menanti kehidupan anda.

 

<a href=”http://informasipelaut.blogspot.com/”   target=”_blank” >Informasi Pelaut Indonesia</a>