fbpx

Mau Cari Kerja di luar negeri? Gampang kok, begini caranya.

Mau Cari Kerja di luar negeri? Gampang kok, begini caranya..

Banyak alasan orang ingin be kerja di luar negeri, dari masalah financial, ingin mencari hal baru, atau memang tidak betah tinggal di Indonesia. Apapun alasannya bekerja di luar negeri masih menjadi salah satu alternatif orang indonesia dalam meningkatkan taraf hidup mereka.

Tercatat 148.285 TKI Indonesia bekerja di luar negeri menurut data BNP2TKI sepanjang tahun 2017 saja. Hingga berita ini diturunkan, pusat data BNP2TKI mencatat sebanyak 5 daerah sumber TKI terbesar, yaitu Jawa Barat sebanyak 31.027 orang, Jawa Tengah sebanyak 29.394 orang, Jawa Timur 27.381 orang, Nusa Tenggara Barat 23.859 orang, Sumatra Utara 11.952 orang. Berdasarkan Kabupaten/Kota yaitu tertinggi Kabupaten Lombok Timur 10.621 orang, Indramayu 10.390 orang, Lombok Tengah 6.917 orang, Cirebon 6.408 orang, dan Cilacap 5.448 orang.

Wah banyak juga ya??

Nah artikel ini akan mengupas tuntas bagaimana sih caranya kerja di luar negeri?

Berikut ada 10 Poin yang harus anda perhatikan.

  1. Kesehatan

kesehatan

Pastikan anda berbadan sehat, kalau perlu medhical check up dulu. Kenapa harus sehat dulu untuk bekerja ke luar negeri? Karena cuaca diluar negeri bisa jadi berbeda dengan cuaca di Indonesia, anda tidak mau dong sesampainya di luar negeri seminggu 2 minggu sudah sakit. Selain itu asuransi dari PJTKI juga tidak mau mencover calon tenaga kerja yang memang mempunyai penyakit bawaan yang akud, seperti TBC, ayan, dll.

Biasanya PJTKI sudah menyediakan Medhical Check up gratis bagi calon tenaga kerjanya. Jadi gak usah pusing-pusing Medhical Check up dulu. Apalagi biayanya nggak murah lho untuk medhical Check up pribadi.

 

  1. Syarat

    ini salah satu yang paling penting untuk kerja di luar negeri, jangan harap anda dapat ke luar negeri jika anda tidak memenuhi poin ke dua ini. Apa saja sih syaratnya untuk kerja ke luar negeri khusus calon TKI/TKW

    1. Passport : dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Singkatnya ini adalah alat untuk menunjukkan identitas diri kita di luar negeri, kalau di indonesia kita cukup nunjukkan kartu identitas KTP Indonesia, nah kalau di luar negeri identitas kita ditunjukkan menggunakan passport.

    2. Visa : dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara melalui salah satu perwakilannya,(biasanya kedutaan) bisa dalam bentuk dokumen atau stempel pada passport. Tujuannya apa? Ini lebih ke izin bahwa anda boleh mengunjungi negara tersebut dengan tujuan tertentu dan dengan waktu yang sudah ditentukan/diizinkan. Caranya bagaimana untuk mendapatkan visa, visa didapat dari kedutaan besar negara yang dituju, jadi kalau anda ingin kerja di singapura ya, anda harus ke kedutaan singapura yang ada di indonesia.

Cuman anda tidak perlu ribet mengurusi keduanya, karena PJTKI sudah menyiapkan semuanya dan anda tinggal terima beres, biasanya anda hanya perlu menunjukkan KTP, KK, dan Ijazah saja.

Nah itu untuk anda yang ingin jadi TKW/TKI tetapi untuk anda yang ingin bekerja di Kapal luar negeri selain Passport dan visa masih ada beberapa dokumen lagi yang harus anda penuhi :

  1. Buku Pelaut : Secara garis besar bisa di artikan sebuah buku yang wajib dimiliki seorang pelaut dan berisi semua track record pemilik selama berlayar dan di syahkan oleh pejabat pemerintah yang berwenang. Buku ini memiliki berbagai fungsi yaitu: sebagai
    1. identitas pemilik buku(pelaut)
    2. Catatan khusus pemilik buku
    3. catatan kesehatan
    4. daftar ijazah yang dimiliki
    5. pengalaman berlayar
    6. Sea service di buku sebelumnya.

Buku ini diterbitkan oleh direktorat jendral perhubungan laut

 

  1. Basic Safety Training atau yang biasa disingkat BST adalah adalah sertifikat pelatihan yang bertujuan agar peserta pelatihan dapat mengetahui dan mencari tahu sebab kecelakaan yang tidak seharusnya terjadi, sehingga sebab kecelakaan dapat dihindari dan semua kecelakaan bisa ditiadakan, sampai tercapai bebas kecelakaan.

2. Sertifikat AFF atau kepanjangan dari Advance Fire Figthing yang mempunyai arti Pelatihan yang di ajarkan untuk para pelaut agar memahami dan mampu memadamkan kebakaran diatas kapal. Dan untuk itu selain bisa, setelah selesai melakukan diklat maka pelaut tersebut akan menerima sertifikat AFF.

3. Sertifikat SAT adalah diklat yang ditujukan agar peserta diklat memiliki kesadaran keamanan, pengetahuan, dan sikap mengenai perlindungan aset fisik, dan informasi organisasi itu

 

Banyak juga ya yang harus dipenuhi syarat-syaratnya untuk menjadi pelaut, nah anda yang memang memiliki minat untuk menjadi pelaut jangan gentar hanya karena banyak syaratnya. Karena TKIsukses.com bekerja sama dengan PJTKI yang memiliki kredibilitas dan memudahkan pelaut untuk mendapatkan sertifikat-sertifikat diatas secara gratis. KITA YANG BUATKAN..

 

  1. Bahasa

    bahasa sangatlah penting mengingat kita tidak kerja di luar negeri dengan orang yang memiliki suku dan bahasa yang sama dengan kita. Dikarenakan kita yang bekerja dengan mereka mau tidak mau kita harus belajar bahasa yang mereka gunakan.
    kebanyakan negara tujuan TKI Indonesia adalah masih sekitara Asia khususnya negara yang ber etnis Tionghoa seperti hongkong dan Taiwan. Maka dari itu belajar bahasa mandarin adalah sangat penting bagi calon pekerja Indonesia yang ingin bekerja disana. Mandarin juga adalah bahasa yang perlu dipelajari dan digunakan untuk calon pelaut, mengingat kebanyakan kapal yang merekrut pekerja Indonesia adalah kapal berbendera Taiwan.
    tidak perlu takut juga, jika anda tidak bisa berbahasa mandari, dikarenakan PJTKI yang kredible sudah menyediakan kursus ini. Jadi dalam beberapa bulan anda akan diajari berbahasa mandarin secara singkat.

  1. Keahlian

    semua pekerjaan itu membutuhkan skill atau yang sering kita sebut keahlian, contoh: seorang sopir harus mempunyai keahlian mengemudi, seorang tukang ledeng harus tahu cara memasang dan memotong pipa.
    hal ini juga tidak lepas bagi calon TKI/TKW/Pelaut yang ingin bekerja di luar negeri.
    tetapi tidak perlu gusar juga, PJTKI kami akan mentraining dan mengajari anda bagaimana cara bekerja dengan keahlian dan dapat memuaskan boss kita dan kalau kerja kita bagus pasti dapat komis. Hehe.

 

  1. Non Keahlian
    ramah tamah

    saya sengaja memasukkan poin ini karena tidak semua kepuasan atasan kita itu di nilai dari hasil kerja kita yang bagus atau keahlian kita. Banyak dari mereka para pekerja tidak menyadari hal ini.
    Jadi apa itu non keahlian?
    Ini lebih ke attitude atau sikap kita kepada atasan..
    ingat jika kita tidak mau dianggap robot maka jangan anggap atasan kita juga robot. Senyum, salam, dan sapa adalah hal wajib yang harus disadari bagi calon pekerja.
    bayangkan anda punya pembantu setiap hari anda bertemu dengan dia, dia tidak pernah tersenyum dan menyapa anda, pasti anda sedikit banyak akan merasa jengkel. Oleh karena itu perlakukanlah orang yang memperkerjakan anda sebagai selayaknya keluarga anda, karena mau tidak mau dialah yang akan anda temui setiap hari.

 

  1. Mental dan Motivasi

    motivasi

    hal yang paling penting yang harus anda perhatikan adalah Mental dan motivasi anda, karena ini adalah hal dasar yang menjawab pertanyaan diri anda kenapa anda ingin bekerja di luar negeri. Jika anda ragu lebih baik jangan pergi ke luar negeri apalagi orang yang mempunyai mental yang cetek dan tidak punya motivasi untuk maju. Maka dari itu pesan kami jika anda ingin bekerja keluar negeri perkuat mental dan motivasi anda.
    fokus kepada hasil akhir, jangan malas-malasan, dan cepat bertindak karena jika tidak anda lakukan anda tidak akan bisa merubah hidup anda.

 

  1. Adat dan budaya

    budaya

    kerja di luar negeri tentunya kita akan menemukan adat dan budaya orang yang berbeda dengan kita, mulai dari cara berpakaian, sikap, cara berbicara, dan aktivitas sehari-hari. Ada pepatah bilang, “dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung”. Hal ini juga perlu anda sadari ketika anda berada di negara orang, maka anda juga harus bisa menghormati adat budaya mereka.

 

  1. Wawancara

    wawancara

    setiap pekerja luar negeri pasti melewati fase ini, dimana anda akan ditanyai mengenai latar belakang anda, motivasi anda, dan mengetes mental anda untuk siap bekerja di luar negeri atau tidak. Ini adalah tes yang paling menentukan, jadi pastikan sebelum anda ingin bekerja ke luar negeri siapkan mental dan motivasi anda untuk wawancara dengan agen penyalur.

9. PJTKI terpercaya

pjtki

Terakhir, yang harus anda persiapkan untuk bekerja ke luar negeri dalah dengan mencari PJTKI terpercaya yang ada di Indonesia. Kenapa harus menggunakan PJTKI? Bisa kah kerja keluar negeri tanpa menggunakan jasa PJTKI? Jawabannya hampir mustahil,

kenapa?

bayangkan tanpa PJTKI anda harus

  1. mengurus passport sendiri
  2. Meminta Visa sendiri
  3. Berkomunikasi dengan atasan yang akan mempekerjakan anda itupun jika anda punya channel
  4. Tidak ada yang memberikan pelatihan anda bahasa mandarin dan keahlian otomatis anda harus mengeluarkan biaya untuk belajar hal itu
  5. Tiket juga anda harus beli sendiri.
  6. Dan anda harus mengurus asuransi diri anda sendiri agar aman ketika bekerja keluar negeri

 

Untuk itulah PJTKI hadir unutk menfasilitasi dan menaungi para pekerja Indonesia yang ingin bekerja keluar negeri

Tetapi jangan salah, banyak diluar sana PJTKI yang tidak bertanggung jawa atas TKInya yang sudah bekerja  apalagi memasukkan pekerja dengan cara yang ilegal.

Ingat, ini sangat berbahaya.

Oleh karena itu kami TKIsukses.com hanya bekerja sama dengan PJTKI yang sudah ternama yang memiliki track record yang jelas dalam memberangkatkan TKInya

PJTKI yang bekerjasama dengan kami memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai contoh:

PT MITRA KARYA SARANA NUSA

Berdiri sejak 2001 (memiliki pengalaman lebih dari 17 tahun)

PT ABADAI MANDIRI INTERNASIONAL

Berdiri sejak 1994 (memiliki pengalaman lebih dari 24 tahun)

lihat lowongan kami

untuk Perempuan

  1. Singapura
  2. Hongkong
  3. Taiwan
  4. Malaysia

Untuk Laki-laki

  1. Kontruksi Malaysia
  2. Pelayaran/Pelaut

Leave a Comment