fbpx

Cara membuat SKCK

SKCK atau kepanjangan dari (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) menjadi salah satu bukti penting bahwa seseorang berperilaku baik atua tidak pernah melakukan tindak kriminal. SKCK biasanya menjadi prasyarat berbagai kepentingan seperti melamar pekerjaan atau keperluan yang bersifat antar negara.apalagi, bekerja di luar negri khususnya menjadi ABK Kapal atau menjadi TKI dibeberapa negara yang mewajibkan pekerja asingnya mempunyai SKCK

SKCK hanya bisa diterbitkan oleh Keplisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resort (Polres). Lebih lanjut, SKCK yang diterbitkan oleh Polsek atau Polres memiliki perbedaan dari segi kepentingan pengguna. Biasanya SKCK yang diterbitkan oleh polres berlaku untuk melamar pekerjaan di BUMN, CPNS, maupun kerja Luar Negri.

Khusus untuk anda calon ABK kapal dan beberapa Calon TKI berikut saya bagikan prosedur cara membuat SKCK di daerah masing-masing:

  1. Surat Pengantar.
    Surat pengantar yang diterbitkan adalah surat pengantar dari kelurahan. Tentu saja kamu harus membuat surat pengantar dari ketua RT dan selanjutnya ketua RW tempatmu tinggal.
  2. Siapkan persyaratan lain
    Persyaratan lain yang harus disiapkan adalah

    1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 2 lembar.
    2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
    3. Fotokopi Akta Kelahiran
    4. Fotokopi Ijazah Terakhir.
    5. Pas foto ukuran 4×6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar
  3. Datang ke Polsek
    Langkah selanjutnya adalah datang ke polsek sesuai tempat tinggal anda. di polsek anda akan diberikan lembaran SKCK yang dapat dibawa sebagai pengantar ke polres.
  4. Datang ke Polres.
    Langkah terakhir adalah datang ke Polres, usahakan datang pagi dikarenakan di polres antrian akan cukup panjang, apalagi jika musimnya orang cari kerja. Dalam prosesnya, ketika sampai loket pelayanan, kamu akan diberikan blanko yang harus diisi berupa informasi pribadi dan pernyataan tidak pernah melakukan tindak kejahatan. Setelah selesai pengisian, kamu bisa melanjutkan proses sidik jari. Di beberapa Polsek dan Polres proses sidik jari ini masih ada yang mewajibkan sang pemohon membayar. Jadi jangan sungkan untuk bertanya ya.Dalam tempo kurang dari satu jam, petugas akan memanggil nama pemohon dan menyerahkan SKCK yang telah disahkan. Salah satu tips agar kamu tak membuang waktu saat mengajukan SKCK adalah satang sepagi mungkin. Tips lainnya adalah bawalah dokumen asli plus fotokopi berkas-berkasi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak. Sehingga ketika terjadi masalah kamu tidak perlu bolak-balik ke rumah dulu.Setelah proses permohonan SKCK selesai, kamu hanya perlu menunggu dokumenmu siap. Biasanya pembuatan SKCK ini masih bisa ditunggu kok. Setelah SKCK selesai jangan lupa untuk meminta legalisir SKCK untuk keperluan sesuai dengan kebutuhan.

Demikian cara pembuatan SKCK dari kami TKISukses.com. SKCK ini merupakan salah satu syarat untuk bekerja diluar negri khususnya untuk ABK Kapal ikan.

Leave a Comment